Tempat Rekreasi

1. Wisata Agro Godong Ijo

Godong ijo ini bila dilihat sepintas, agak mirip kebun raya bogor sama-sama rimbun dan juga menyimpan flora serta fauna yang cukup langka. Pertama kali masuk yang akan dirasakan adalah kesejukan dan segarnya udara. Dari segi edukasi, di sini banyak tanaman dan hewan langka dengan harga yang cukup fantastis. Di antaranya ada anthurium, yang umum digunakan sebagai tanaman hias dan masih banyak tanaman hias lainnya. Selanjutnya, hewan yang tak kalah seru dengan lainnya, bahkan menjadi maskot Godong Ijo sendiri, yaitu kura-kura raksasa.

Lokasi : Jl. Cinangka Raya KM 10 No. 60, Desa Serua, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517
HTM : Mulai Rp 50.000
Buka/Tutup : Senin-Jumat jam 09:00-17:00 dan Sabtu-Minggu 09:00-18:00
Telepon : (021)74710678

Sumber : https://www.jejakpiknik.com/godong-ijo/

 

 

2. Depok Fantasi Water Park

Salah satu waterpark terbesar di kota Depok yang sering juga dikenal dengan Aladin Waterpark. Dengan harga tiket Depok Fantasi Waterpark yang masih terjangkau sudah bisa bermain di berbagai wahana seru. Berlokasi di kawasan strategis Grand Depok City, jadi lebih mudah dijangkau baik dari Jakarta, Bogor, Cibubur dan kota-kota sekitar lainnya. Water park ini menawarkan beragam atraksi menarik bertemakan kegiatan air. Tidak hanya untuk anak-anak, berbagai wahana juga bisa dimainkan oleh orang dewasa. Semua permainan dan wahana tentu ditunjang dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari foodcourt, gazebo, panggung, hiburan serta fasilitas lainnya. Disediakan buat kenyamanan pengunjung yang berwisata ke waterpark ini.

Informasi dan kontak : 021 – 7782 6622 / 6633.
Alamat Depok Fantasi /Aladin Waterpark : Jalan Boulevard Grand Depok City, Depok 16412.

Sumber : https://travelspromo.com/htm-wisata/depok-fantasi-waterpark-aladin-waterpark-harga-tiket-masuk/

 

3. Telaga Arwana Cibubur

Soal wahana yang seru dan menarik jangan ditanya lagi. Telaga Arwana memiliki beberapa wahana yang akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan bersama dengan keluarga. Petualangan yang menarikapalagi menu outbound yang dimiliki. Telaga Arwana memiliki beberapa fasilitas wahana yang dapat dinikmati antara lain : Kolam Renang, permainan ATV, Flying Fox, memancing dan
masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Jambore RT 05 RW 06, Pondok Ranggon, Harjamukti, Cimanggis,Kota Depok, Jawa Barat
HTM : Rp 8.000
Buka/Tutup : 09:00-17:00
No. Telepon : (021) 84312978

Sumber : https://www.jejakpiknik.com/telaga-arwana/

 

4. Water Park Ceria

Waterpark Ceria Depok merupakan wisata air yang cocok untuk anak-anak. Karena dirancang untuk anak-anak sehingga tidak ada wahana yang terlalu ekstrem. Waterpark yang menawarkan beberapa permainan air menarik ini memiliki dua jenis kolam, yaitu kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Dengan begitu, orang tua yang ingin ikut berenang atau mengajarkan anaknya berenang bisa menggunakan kolam dewasa tersebut.
Berbagai wahana permainan air bisa dicoba di water park ini. Khususnya wahana untuk anak-anak. Mulai dari peluncuran air, ember tumpah, kolam dangkal, kolam arus, kolam bola, castil, dan lainnya.

Waterpark Ceria Depok tepatnya : Jl. K.H.M Usman No. 110, Raya Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat.
Informasi lebih lanjut bisa hubungi di telp. (021) 7862726.

Sumber : https://travelspromo.com/htm-wisata/waterpark-ceria-depok/

 

5. Taman Wisata Pasir Putih Sawangan

Di Sawangan Depok, ternyata ada tempat wisata asyik yang bisa wisatawan kunjungi. Taman Wisata Pasir Putih, sebuah destinasi rekreasi air yang digemari masyarakat. Fasilitasnya yang lengkap membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Beragam pilihan wahana bisa dimainkan di Taman Wisata Pasir Putih. Untuk bisa menikmati wahana tersebut pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Namun tidak khawatir, harga tiket Taman Wisata Pasir putih bisa dikatakan masih cukup terjangkau. Taman Wisata Pasir Putih dibuka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00 pagi.

Alamat : Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok 16519.

Sumber : https://travelspromo.com/htm-wisata/taman-wisata-pasir-putih/

 

6. Taman Rekreasi Wiladatika

Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 29 Juni 1980, Taman Rekreasi Wiladatika menjadi salah satu referensi wisata warga Depok dan sekitarnya. Nama taman ini merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Awalnya dibangun sebagai sarana dan sumber pendanaan aktivitas Pramuka. Meski begitu, tempatnya yang asri dan fasilitasnya yang lengkap membuat taman ini diminati oleh wisatawan umum sebagai tujuan rekreasi. Sekedar bersantai atau mengajak anak bermain di taman ini juga cukup menyenangkan. Wiladatika memiliki beberapa fasilitas di antaranya bermacam-macam taman, gedung serbaguna, gazebo, hingga kolam renang dan wahana permainan. Tempatnya terawat, nyaman, dan asri, membuat wisatawan betah menjadikan Taman Rekreasi Wiladatika sebagai tujuan berlibur, salah satunya liburan keluarga.

Taman Wiladatika Harga Tiket: Rp5.000 – Rp110.000
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Alamat: Jl. Jambore No.1, Harjamukti,Cimanggis,Depok,Jawa Barat,Indonesia,13720.
Sumber : https://travelspromo.com/htm-wisata/taman-rekreasi-wiladatika-depok/

 

7. Rumah Keramik F. Widayanto

“ Rumah Tanah Baru “ (RTB) atau sering juga disebut dengan nama “Rumah Keramik F. Widayanto”, sesuai dengan namanya rumah ini terletak di Jalan Curug Agung No.1 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok. Dan pemilik rumah ini adalah F. Widayanto yang juga merupakan seorang maestro keramik  terkenal di Indonesia.
Puas mengunjungi gallery, saatnya kita kembali naik ke dataran teratas di mana terletak tempat kursus membuat keramik. Kita akan mendapat segumpal clay/tanah liat seberat kira-kira 150-200 gram. Dan dengan clay/tanah liat ini kita bebas membuat aneka bentuk keramik yang kita inginkan. Kita bisa memakai cetakan dengan aneka bentuk yang telah disediakan atau kita bisa membuat kreasi sesuka hati kita. Di sini kita akan dibantu oleh mas-mas instruktur yang mengajarkan proses pembuatan keramik ini.

Lokasi       : Rumah Tanah Baru F. Widayanto. Jl. Curug Agung no. 1 Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat
Tlp           : (021) 775 7685 / (021) 775 7686
Buka        : 09.00-16.00 WIB (Libur Nasional Tutup)
Harga tiket: Rp 10.000
Email        : informasi@fwidayanto.com

Sumber : https://wisatasekolah.com/rumah-keramik-tanah-baru-f-widayanto/

 

 

8. D’Kandang The Amazing Farm

D’KANDANG AMAZING FARM mengajak sahabat semua untuk  mengenal dan merasakan dunia Peternakan, Pertanian serta Permainan dan Tantangan yang berada di dalamnya. Nikmati serunya belajar, bermain sekaligus berwisata di D’KANDANG AMAZING FARM. D’KANDANG AMAZING FARM menawarkan konsep agrowisata yang sekaligus juga wisata edukasi. Disini pengunjung bisa lebih melihat seluk beluk kegiatan produksi dibidang ternak dan kebun. Utamanya untuk anak-anak setingkat PAUD, TK, SD, dan SMP tentu ini sangat bermanfaat.

Alamat : Jalan Penarikan RT 07/02, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok,
Jawa Barat 16519
Buka/Tutup : 06:00 – 16:00 WIB (Hari Jumat Libur)
HTM : Rp 18.000/orang
Telefon : (021) 77887138

Sumber : dkandang.co.id

 

9. Agrowisata Buah Belimbing

Belimbing Dewa merupakan icon dari kota Depok. Maka tidak heran jika perkebunan di Kelurahan Pasir Putih, Depok, merupakan salah satu perkebunan yang membudidayakan belimbing Dewa. Buah belimbing kian digandrungi di kota Depok, karena selain rasanya yang segar, buah ini juga mudah untuk ditemukan di kota Depok. Selain memiliki rasa yang segar, belimbing juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan yang tangguh dalam memerangi radikal bebas.

Alamat : Jl. Belimbing Dewa, Pancoran MAS, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16436

Sumber : https://www.kompasiana.com/valeriaginta/5cdb2d3275065776065e29df/agrowisata-belimbing-dewa-yang-menjadi-icon-kota-depok

 

10. Batik Khas Depok

Kota Depok memiliki ikon baru berupa batik, yang merupakan produk seni budaya berciri khas kota. Batik Khas Kota Depok merupakan hasil dari “Lomba Desain Batik Khas Depok” yang diprakarsai oleh Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Depok (DEKRANASDA), pada tahun 2007. Lomba ini diikuti oleh 223 peserta dan menghasilkan 345 motif batik. Terpilih 10 motif batik dari 10 peserta lomba.

Arti dan makna yang terkandung dalam Batik Khas Depok:

  • Dari segi warna dasar batik:
    Warna kuning keemasan, merah marun, orange, biru, biru tua dan krem, di mana semua warna dasar tersebut melambangkan suatu kewibawaan, keteduhan, ketenangan dan keberanian.
  • Dari segi motif dan simbol:
    Paricara Dharma, semboyan Kota Depok yang menjadi amanah semua komponen masyarakat Depok, yang mengutamakan pengabdian yang baik, benar dan adil. Simbol Sayap, berarti mengayomi, mengangkat tinggi harkat, martabat dan derajat masyarakat Depok pada umumnya. Simbol Buah Belimbing dan Ikan Memphis, melambangkan ke unggulan Kota Depok. Simbol Mega Mendung, memberi arti tingginya cita-cita dan semangat yang sejuk. Jembatan Panus, Margonda, Gedung Tua dan Gong Sibolong, serta Topeng Cisalak menunjukkan bahwa masyarakat Depok tak akan pernah meninggalkan dan akan selalu menghormati sejarah dan budaya para pendahulunya.

Saat ini sudah ada beberapa motif batik dengan tema “Belimbing dan “Ikan Hias” Depok memiliki beberapa sanggar seni dan budaya tradisional dan modern.

Batik Kota Depok bisa kamu dapatkan di DEKRANASDA Kota Depok yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No.54, Balaikota Depok. Terbuka untuk umum setiap Senin-Kamis pukul 07.30-16.00 WIB dan Jumat pukul 07.30-16.30 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi (+62) 821-2326-9894 (telepon) atau (+62) 856-828-5941 (WhatsApp).

 

 

11. Kampung Rusa 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan adalah tempat hunian sekaligus wisata bagi keluarga, dimana konsep yang kita buat adalah menyatu dengan alam dan Kampung 99 Pepohonan menjual sapi,kambing, daging dan olahan-olahan pasca produksi sapi dan kambing, tersedia juga catering dan Loundry.

Alamat : Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok 16515 (seberang Mesjid Kubah Mas Dian Al Mahri)

Telepon : 021 7788 3623 / 0812 1960 5001 / 0878 8839 1439

Email: peternakan99tc@gmail.com

Sumber : https://www.kampung99pepohonan.com/2017/04/wajah-baru-kampung-99-pepohonan/

 

 

 

 

12. Taman Edukasi & Konservasi Ciliwung

Komunitas Ciliwung Depok (KCD) yang meupakan wadah bekumpulnya relawan-relawan lingkungan hidup di Kota Depok giat memperkenalkan wisata konservasi dan edukasi sebagai bagian dari pelestarian lingkungan hidup di sepanjang aliran sungai Ciliwung yang melintas di Kota Depok.

Salah satunya adalah dengan mendirikan Saung Pustaka Air (SPA) kini hadir di tujuh lokasi yaitu Kampung Utan, Cilawet, Cikambangan, Ratu Jaya, Kampung Serab, Mampangan dan Balegrang di sepanjang sungai Ciliwung. SPA merupakan wadah edukasi bagi anak-anak yang putus sekolah, khususnya untuk dapat terus belajar, berkumpul dan berkarya.

Alamat : Pangkalan (basecamp) Komunitas Ciliwung Depok, Dermaga dan Sempadan Ciliwung Kota Kembang/ GDC

Sumber : https://www.depokpos.com/2018/12/wisata-konservasi-ciliwung-ala-komunitas-ciliwung-depok/

 

 

13. arthayasa stables & country club depok city

Berdiri sejak tahun 1992, kini klub berkuda ini menempati lahan seluas 14 hektar dengan fasilitas yang cocok untuk rehat sejenak dari aktivitas rutin. Jika mau mencoba berkuda, cobalah A Lead Ride, yaitu aktivitas menunggang kuda sambil dituntun oleh seorang groom di rute yang telah ditetapkan. Durasinya 20 menit. Lead Ride ini tidak cuma buat orang dewasa, anak-anak juga bisa turut mencoba. Kalau orang dewasa menunggangi kuda-kuda yang gagah, anak-anak mendapat kuda poni. Berat badan maksimal untuk bisa menikmati kegiatan ini 75 kilogram. Biaya yang harus dirogoh untuk Lead Ride untuk dewasa dan non-member adalah Rp100.000 di hari biasa dan Rp110.000 di akhir minggu. Untuk anak-anak hanya dikenai biaya Rp 80.000 (weekdays) atau Rp90.000 di akhir minggu. Harga ini sudah termasuk berenang di kolam renang ukuran Olimpiade yang ada di Arthayasa Terrace. Seru, seru!

Operating hours: Tuesday to Sunday 8:00-12:00 and 14:00-16:00 12:00 to 14:00 horses and ponies are resting

Address: Jalan Bulak Tengki/Kp Grogol No.10, Limo, Depok, West Java 16514, Indonesia

Telephone: 0217547025

Email: info@arthayasa.com

Sumber : https://www.wego.co.id/berita/yok-seharian-wisata-depok/

 

 

14. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

Masjid yang kondang dengan sebutan Masjid Kubah Emas ini sudah menjadi ikon penting di Depok, makanya selalu masuk dalam acara wisata Depok. Rumah ibadah yang luas dan megah ini berdiri kokoh di lahan seluas 70 hektar. Terdiri dari bangunan utama, mezanin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu, masjid ini dikabarkan bisa menampung sekitar 20.000 jemaah. Terutama di hari Jumat dan Minggu, jemaah dan pengunjung yang datang ke masjid bisa mencapai 10.000 orang. Sebagai oleh-oleh, bisa foto berlatar belakang Masjid Kubah Emas. Kalau lupa membawa kamera, ada juga loh jasa foto yang bisa dipakai. Cuma Rp20.000 saja.

Alamat : Jalan Maruyung Raya, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok

Waktu Buka: Setiap hari kecuali Kamis, pukul 10.00-20.00 WIB

Sumber : https://www.wego.co.id/berita/yok-seharian-wisata-depok/

 

 

15. Alun-alun Kota Depok

Alun-alun Kota Depok ini terletak di kawasan Grand Depok City (GDC), Kalimulya, Cilodong, Kota Depok. Alun-alun tersebut berada di tanah seluas sekitar 3 hektare. Di alun-alun ini, warga Depok bisa menikmati ruang terbuka hijau (RTH). Selain fasilitas tersebut, alun-alun Kota Depok juga dilengkapi dengan sistem pengawasan CCTV 24 jam dan tersebar di 40 titik. Alun-alun Kota Depok dilengkapi sejumlah fasilitas seperti lapangan basket, futsal, skateboard, wall climbing, arena BMX, taman bermain anak, kolam ikan, dan air mancur.

Alamat : Grand Depok City (GDC), Kalimulya, Cilodong, Kota Depok