Situ

1. Setu Sawangan/Bojongsari

Bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan di tengah Kota Depok, Setu Bojongsari bisa menjadi pilihan. Tak banyak wisatawan yang datang berkunjung ke danau ini, sehingga suasana pun masih sepi dan tak terlalu ramai. Wisatawan bisa bersantai dibawah pepohonan rindang, sembari menikmati hembusan angin semilir. Danau yang juga dikenal dengan Setu Sawangan ini juga merupakan spot memancing favorit di Depok. Untuk wisatawan yang hobi hunting foto landscape, danau ini juga menawarkan beberapa spot menarik untuk dipotret.

Selain itu, untuk rekreasi keluarga tersedia sepeda perahu angsa yang sudah disediakan oleh pokdarwis yang biayanya relatif murah. Selain itu, di Situ Sawangan, tersedia rumah makan yang tempatnya cukup bersih dan asri, berbentuk gazebo, dan variasi.

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket: Gratis

Alamat: Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Depok

 

2. Situ Cilodong

Apa saja yang bisa dilakukan di Setu Cilodong? tentu banyak sekali salah satuya adalah memancing, tempat ini memang menjadi tempat yang di favoritkan oleh warga untuk memancing. Selain itu, tempat ini memiliki pemandangan yang begitu indah saat sore hari. Anda juga dapat menikmati indahnya sunset pada saat matahari tenggelam dengan mengabadikan moment ini dengan berfoto. Di Situ Cilodong disediakan fasilitas untuk rekreasi keluarga berupa perahu angsa yang telah disediakan oleh pengelola yaitu pokdarwis Situ Cilodong dan biayanya cukup murah.

Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam

Tiket: Gratis

Alamat: Blok Cilodong, Jl. Abdul Gani Raya Blok Cilodong No.2, Kalibaru, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413, Indonesia

 

3. Setu Jatijajar

Awalnya Situ Jatijajr bernama Situ Rawa badak karena dahulu banyak warga memelihara kerbau, yang biasa orang awan meyebutnya (badak). Dari zaman ke zaman Situ ini mengalami perubahan nama menjadi Situ Jatijajar karena banyak pohon jati yang tumbuh disekitar dan Situ ini berada di Kampung Jajar. Akhirnya Situ ini diberi nama Situ Jatijajar yang terkenal hingga saat ini. Seperti Situ-Situ yang lain, Situ Jatijajar pun tidak dipungut biaya pengunjung dipersilahkan berkunjung sepuasnya, dan menikmati keindahan alam dan panorama Situ yang sangat teduh dan asri.

Alamat : Jatijajar, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat

 

4. Setu Sidamukti

Setu sidomukti mungkin banyak yang belum dengar tentang obyek wisata ini, obyek wisata danau buatan yang terletak di pinggiran kota depok ini menyuguhkan suasana damai dan juga lokasinya bersebelahan dengan hutan/rangkaian studio alam TVRI. Tak hanya setu cilodong saja yang ada di satu kecamatan ini, kecamatan cilodong memiliki 2 danau buatan yang bersaing mendapatkan pengunjung, walau tidak ada biaya masuk, tetapi setu yang ada di cilodong tetap menjadi andalan masyarakat sekitar untuk berlibur atau meraup rejeki yang halal. setu cilodong dengan suasa romantis pada malam hari serta setu sidomukti yang tenang nan sejuk pada siiang dan pagi hari.

Fasilitas

  • Toilet di Masjid dekat Situ
  • Wisata Air
  • Jajanan Kaki Lima
  • Parkir Mobil & Motor

Alamat : Desa Sidamukti, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sukmajaya, Depok atau sebelah barat  dari Jl. Raya Bogor Km 37.5.

 

5. Setu Pengasinan

Situ Pengasinan di Kelurahan Pengasinan, Sawangan menjadi satu tempat wisata warga Kota Depok yang hendak menghabiskan akhir pekannya. Pengunjung dapat menikmati situ seluas enam hektare ini dari atas sepeda bebek, perahu rakit, dan perahu naga, atau hanya sekedar duduk menikmati makan dari tepi situ. Pengunjung yang memboyong keluarga lebih memilih naik sepeda wisata dan rakit untuk menikmati suasana situ yang tenang. Sementara pengunjung yang datang sendiri atau bersama teman memilih memancing atau menikmati makan sembari menatap situ. Jika gemar berolahraga bisa memanfaatkan joging track yang buat mengelilingi tepi situ. anda bisa lari pagi atau menggowes sepeda di pinggir situ di antara rimbunan pohon.

Alamat : Jalan Utomo No.19-22, Pengasinan, Sawangan, Pengasinan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16518

 

6. Setu Citayam

Situasi dan kondisi Setu Citayam pada masa ini berbeda dengan masa doeloe. Di masa lampau, setu ini dipenuhi oleh berbagai tanaman air seperti ganggang dan bunga teratai. Dalam rangka untuk memperbanyak kolam penampungan air di hulu Kota Jakarta, salah satunya adalah memfungsikan Setu Citayam. Kemudian setu dibersihkan, diperdalam dan dibendung yang diharapkan akan menjadi tempat resapan air. Pada tahun 2008 Mahasiswa Pecinta Alam Atmajaya pernah bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk menanam 500 pohon jati di kawasan setu. Pohon-pohon ini diharapkan bisa memperindah kawasan setu.

Alamat : Bojong Pd. Terong, Kec. Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat

 

7. Setu Rawa Besar

Setu Rawa Besar di Kecamatan Pancoran Mas punya banyak potensi untuk jadi tempat wisata mirip Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan.
air danau Setu Rawa Besar cenderung bersih, tempatnya sejuk karena dikelilingi banyak pepohonan. Selain itu ada beberapa wisata air juga yang bisa dinikmati oleh wisatawan dan Setu Rawa Besar juga pernah dimanfaatkan sebagai penyangga kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar Kampung Lio menggunakannya sebagai tempat untuk memelihara ikan dengan membangun karamba ditengah danau.
Alamat : Jln. 02/13, Gg. Lio, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431
8. Setu Universitas Indonesia

Setu yang terdapat di lingkungan Kampus Universitas Indonesia (UI) dapat dijadikan percontohan pengelolaan setu dan danau di Kota Depok. Airnya bersih, tidak ada sampah, tidak berbau dan sistem masuk dan keluarnya air dari danau itu diatur sedemikian rupa.

Alamat : Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

 

9. Setu Cilangkap

Wisata Mancing di Situ Cilangkap Jadi Primadona Warga, Selain tidak dibebankan biaya, lokasi Situ Cilangkap juga terkesan teduh. Sehingga, warga merasa nyaman untuk mengisi waktu sambil memancing. lokasi Situ Cilangkap juga dapat dimanfaatkan oleh warga untuk berwisata dengan keluarga.

Alamat : Jl. Cilangkap, Cilangkap, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16458

10. Setu Pladen

Setu Pladen menjadi salah satu wisata favorit untuk memancing bagi warga sekitar bahkan dari masyarakat umum. Sebelumnya, Dalam upaya untuk mengenalkan kawasan situ Pladen, Kelompok Kerja Situ Pladen Beji menggelar lomba mancing bersama dengan disediakan ikan patin satu kwintal. Selain diikuti masyarakat umum, lomba mancing ini juga turut dihadiri oleh anggota DPR Ir Nuroji dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan ini juga dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada warga agar ikut menjaga kebersihan situ sehingga Situ Pladen lebih nyaman aman dan indah sehingga bisa dijadikan salah satu destinasi pariwisata di Beji

Alamat : Jl. Ridwan Rais, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421

 

11. Setu Pulo Asih

Salah satu potensi wisata air yang terdapat di Kota Depok adalah Setu Asih Pulo. Setu Asih Pulo bukan hanya menjadi objek wisata air saja tetapi juga menjadi lahan konservasi. di tepi setu pengunjung dapat menyaksikan beberapa jenis pepohonan hijau maupun taman bunga. Bagi anda yang hobby memancing Setu Asih Pulo ini juga menjadi tempat pemancingan yang menarik. Salah satu bagian setu juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tambak ikan. Dan saat berkunjung ke Setu Asih Pulo pengunjung dapat mengelilingi danau dengan menyewa perahu bebek yang tersedia. Anda dan keluarga juga dapat berpiknik melakukan aktivitas seru di tepi danau sambil menikmati pemandangan sekitar setu. Di area setu juga terdapat pendopo yang berfungsi sebagai aula serbaguna. Pendopo tersebut biasa dimanfaatkan warga sekitar untuk mengadakan pertemuan atau tempat menggelar acara lain.

Alamat : Jl. Situ Asih, Pulo, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16435