Kuliner

1. Dodol Satibi

Kenyal, manis, dan warnanya cokelat. Ya itulah wujud dari makanan atau camilan khas betawi yang ada di Kota Depok. Teksturnya kenyal dan bikin kenyang, membuat makanan ini banyak disukai masyarakat.

Dodol milik pak Didi Satibi yang berlokasi di Jalan Raya Raden Saleh, Studio Alam TVRI, Kelurahan Kalibaru, Cilodong ini banyak dicari orang. Bukan hanya warga setempat, tetapi dari luar Kota Depok juga ikut memburu dodol bikinan Satibi.

Satibi bersama sang istri membangun usaha kecil itu dari bawah, mendaki dan melewati satu persatu ujian sejak 2004 silam. Di belakang rumahnya, dia mengubah lahan kosong menjadi tempat pembuatan dodol legendaris ini.

Alamat : Jalan Raya Raden Saleh, Studio Alam TVRI, Kelurahan Kalibaru, Cilodong

Sumber : https://radardepok.com/2019/03/dodol-betawi-khas-depok-milik-satibi-awalnya-iseng-kini-punya-karyawan-dan-terkenal-1/

 

 

2.  Mang Kabayan

Mang Kabayan banyak menawarkan varian lauk pauk yang dapat kita nikmati. Mulai dari sayur asem, karedok, gurame kremes, nasi timbel, tahu isi dan ayam bakar, tidak hanya itu Mang Kabayan juga menawarkan makanan Seafood mulai dari Pete bakar, udang bakar madu, cumi, kakap dan masih banyak lain.

Mang Kabayan buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB disetiap harinya.
Bila anda tidak sempat mencicipi langsung di rumah makan Mang Kabayan anda bisa delivery dengan Mang Kabayan Delivery Service(MKDS) melalui (021)78886688.

Mang Kabayan bisa menjadi salah satu tempat yang anda sekalian tuju disaat liburan atau disaat bersama keluarga, untuk warga yang diluar Depok, bisa langsung mencoba bila lagi berada di Depok.

Alamat : Jalan Margonda Raya No.488, Pondok Cina, Depok, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Telp : (021)7888 6688, Fax : (021)7863910

Sumber : https://www.depokpos.com/2017/03/mang-kabayan-kuliner-ala-sunda-di-pusat-kota-depok/

 

 

3. Nasi Bakar D’Palm Resto Cisalak

Belum lama ini, secara tidak sengaja mencoba di sebuah restoran di Cisalak yang buka belum terlalu lama dan menemukan bahwa ada salah satu menunya yang lumayan untuk dicoba. Rumah Makan ini adalah d’Palm Resto ini beralamat di Jalan Raya Bogor KM 31 (tidak jauh dari Simpangan Jl. Radar Auri), Cisalak, Depok. Terlihat bahwa rumah makan ini sepi. Mungkin karena rumah makan ini baru buka belum terlalu lama sehingga masih belum diketahui banyak orang.

Karena sudah lapar, maka segera memesan nasi bakar. Tahu telor yang disajikan ini mengingatkan dengan makanan khas Palembang, yaitu lenggang, dengan tahu yang digoreng dengan telor yang dikocok serta ditaburi dengan potongan mentimun, tauge, kacang goreng, irisan cabe merah, irisan bawang merah dan bawang putih yang disiram dengan kuah yang mirip dengan pempek. Rasanya tidak mengecewakan walaupun tidak terlalu istimewa.

Menu yang cukup lezat adalah nasi bakar. Nasi bakar yang dibakar dengan bumbu yang cukup lezat dan gurih membuat nasi bakar ini sangat istimewa rasanya dan agak asin karena diberi potongan kecil ikan asing.

Alamat : Jalan Raya Bogor KM 31 (tidak jauh dari Simpangan Jl. Radar Auri), Cisalak, Depok.

Telepon +62 21 87707335.

Sumber : http://berburukuliner.blogspot.com/2012/08/nasi-bakar-di-dpalm-resto-cisalak.html

 

 

 

4. UMKM Center dan Sentra Oleh-Oleh Kota Depok

UMKM Center Depok  yang berada di salah satu pusat perbelanjaan Kota Depok  adalah salah satu dari berbagai sarana yang di fasilitasi oleh Pemkot Depok dan dalam hal ini dikelola langsung oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok difungsikan bukan hanya untuk meningkatkan daya saing para pelaku UKM,  juga sebagai sarana informasi pengembangan bisnis, pendampingan usaha, pusat promosi, galeri pemasaran, dan pengembangan jaringan usaha.

Yang istimewa dari UMKM Center Depok adalah semua produk yang masuk dan di pamerkan harus hasil olahan sendiri atau hasil karya sendiri bukan reseller atau franchise, terdaftar dan mendapatkan izin PIRT, bersertifikasi halal dan masih berskala mikro.

Alamat : ITC Depok, Jl. Margonda Raya No.56, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Buka pukul 09.00 WIB

Telepon : (021) 77201307

Sumber : http://www.siarandepok.com/baca/20170517/umkm-center-depok.html

5. Rumah Makan Simpang Raya

Restoran Simpang Raya adalah usaha pribumi yang bergerak dibidang masakan Minang (Padang), bahwa Restoran Simpang Raya yang awalnya dari Bukit Tinggi daerah Sumatra Barat oleh kakak kami Alm.Muhammad Noor Datukmaharajo bersama rekan-rekannya dan setelah itu kami coba untuk mengembangkan usaha ini di Pulau Jawa dan sekitarnya dengan niat yang tulus untuk melakukan suatu hijrah.

Alamat : Jl. Margonda Raya No. 264, Beji, Depok 16424

Jam Operasional : 08:00 – 21:30 WIB  (Sen-Min)

Sumber : https://simpangraya.co.id/profil

 

 

 

 

6. Waroeng Spesial Sambal

Waroeng Spesial Sambal “SS” adalah sebuah merk yang menyajikan aneka sambal segar dan masakan khas Indonesia. Waroeng SS didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta oleh Yoyok Hery Wahyono. Passion atas dunia kuliner dan menguleg sambel menjadi penyemangat untuk terus berkiprah di bisnis kuliner pedas. Waroeng SS mulai menunjukkan pesonanya melalui 15 macam sambal dan aneka lauk serta sayur yang disajikan ‘made by order’. Bahkan, konsumen pun dapat mengubah tingkat kepedasan sambal sesuai selera. Tepat pada 20 Agustus 2002, cabang pertama Waroeng SS berdiri dan diberi nama Waroeng SS Perjuangan. Sebuah filosofi yang mendalam tentang perjuangan yang dialami oleh Waroeng SS untuk bisa bertahan hidup di awal berdirinya.

Alamat : Jl. Margonda Raya No.280, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

Telepon : (021) 77201492

Sumber : https://www.waroengss.com/article/profile

 

 

 

 

7. Warung Coto Makasar

Coto merupakan kuliner khas Makassar, Sulawesi Selatan yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Kuliner satu ini banyak diminati karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Jeroan yang direbus dalam waktu lama dicampur dengan daging sapi yang diiris tipis, lalu dicampur dengan bumbu kacang yang diracik khusus, kaldu panas dengan irisan daun bawang dan bawang goreng adalah ciri khas dari Coto Makassar. Makin enak jika menikmatinya dengan ketupat. Karena rasanya yang lezat kini banyak warung Coto Makassar tersebar di seluruh Indonesia. Cara membuat Coto Makassar juga bisa ditemukan dengan mudah di internet. Tapi tetap akan lebih nikmat jika menikmati kuliner ini di tempat asalnya yaitu Makassar.
Alamat : Jl. Ir H. Juanda, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16418

Telepon : 0857-7920-2135

Sumber : https://phinemo.com/coto-makassar/

 

8. Mie Aceh Seulawah Margonda

Mie Aceh itu dibuat dari mie kuning yang pipih dan tebal. Teksturnya kenyal dan dihidangkan dengan cara digoreng atau direbus. Kalau direbus, kamu bisa menyantap mie dengan kuah kari yang kental yang terasa sekali bumbu rempahnya. Yang bikin lebih seru, topping Mie Aceh itu sangat beragam. Ada yang simpel terdiri dari irisan daging sapi, ada juga yang heboh menggunakan kepiting lengkap dengan cangkangnya. Rasanya makin nikmat dengan taburan emping, acar bawang merah, dan perasan jeruk nipis.

Alamat : Jalan Margonda Raya No.388, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424.

Telepon : (021) 77206500

Jam Operasional : Senin – Minggu 10:00 – 23:00 WIB

Sumber : https://www.nibble.id/blog/7-restoran-untuk-menikmati-mie-aceh-enak-di-jakarta/

 

 

 

 

9. Warung Gabus Pucung Betawi

Gabus pucung  adalah masakan khas Betawi yang sudah terkenal sejak dahulu kala.  Nama gabus pucung adalah gabungan dari nama ikan gabus dan pucung atau kluwek sebagai bumbunya. Dulu, ketika Jakarta atau Batavia dan sekitarnya penuh rawa dan sawah sawah, ikan gabus (chanastrata) mudah didapat masyarakat. Begitu juga pohon buah pucung (pangium edule) yang tumbuh di pinggiran pekarangan atau di pinggiran Sungai Ciliwung. Karena itu gabus pucung dulu merupakan masakan harian masyarakat Betawi.

DI Kota Jakarta sendiri sulit menjumpai warung makan gabus pucung. Sebaliknya akan lebih mudah mencarinya di pinggiran Jakarta, seperti di Pondok Cabe, Pamulang, Ciputat, Sawangan, hingga Parung, Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok.Gabus Pucung tercatat sebagai salah satu dari 96 warisan budaya Indonesia dan satu dari delapan warisan yang berasal dari DKI Jakarta. Warisan budaya Betawi selain gabus pucung adalah upacara atau ritual Babarit, nasi uduk, sayur besan, kerak telor, roti buaya, bir pletok, dan seni tradisi Blenggo.

Alamat : Perumahan Mampang Indah I, Jalan Mampang Indah I RT. 03 / RW. 07, Grogol, Limo, Grogol, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16512

Telepon : (021) 77219090

Sumber : https://indonesia.go.id/ragam/kuliner/ekonomi/gabus-pucung-si-hitam-dari-betawi

 

 

 

 

10. Pondok Sayur Asem dan Ikan Pecak “Bu Een”

Alamat : Jl. Raya Muhtar No.28, RT.4/RW.1, Sawangan Baru, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16511

Telepon : 0897-9081-457

 

 

 

 

11. Bobara Resto

Alamat : Jl. Margonda Raya No.207, Kemiri Muka, Depok, Kota Depok, Jawa Barat 16423

Telepon : (021) 7777811

Jam buka pukul 10.00

 

 

12. Goeboek Bamboe

Goeboek Bamboe merupakan restoran spesialis masakan sunda dan seafood. Kelebihan restoran ini adalah tempatnya yang bernuansa alam pedesaan yang asri. Sesuai dengan namanya, area restoran ini dipadati dengan gubuk untuk lesehan, dan di sekelilingnya ada banyak tanaman dan pepohonan. Bagi anda yang ingin makan sambil menikmati suasana alam pedesaan yang asri ini, bisa datang langsung ke beberapa lokasinya sebagai berikut :

Sumber : https://info-kuliner.com/goeboek-bamboe/

– Goeboek Bamboe Pusat, Jl. Tole Iskandar No.32 Pancoran Mas, Kota Depok Tlp 021-77829235

 

– Goeboek Bamboe Pramuka, Jl. Pramuka No.12A (Sebelum Kodim) Mampang Sawangan Depok Tlp. 021-77219230

 

– Goeboek Bamboe Depok Town Center (DTC) Jl. Raya Sawangan Tlp. 085101440987

– Goeboek Bamboe D’mall Depok Tlp. 081288349947

 

 

 

13. Pondok Laras

Selain Nuansa Alami, Kita Bisa Menemukan nama-nama saung berupa kota-kota di Arab (dari Mina hingga Makkah). Disini juga terdapat taman bermain untuk anak-anak. jadi berkunjung ke tempat ini bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan.

Pilihan menu cukup bervariasi dengan cita rasa Jawa, ada Aneka Olahan Ikan Gurame, masakan ayam, soto, sop hingga ikan asin dengan harga dibawah Rp. 25.000,-. Ada juga Ayam Bakar seharga Rp.21.000,- cukup untuk dimakan berdua karena terdiri dari 2 potongan.

Pondok Laras ini selalu dipadati pengunjung saat jam makan siang dan malam. yang penting pelayanan nya cepat. biasanya para pengunjung datang secara berombongan. maka dari itu lebih baik memesan tempat terlebih dahulu.

Alamat : Jalan Akses UI No.2, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat
Kontak : (021) 8719957 | 021-87705666
Sumber : https://kunjungankuliner.wordpress.com/2011/05/12/pondoklaras/
Pondok Laras buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 – 21.00

14. Rumah Makan kampung Kecil

Kami berada di lokasi yang sangat strategis dan dapat dengan mudah di temukan pada Google Maps, kami siap memanjakan para tamu dengan menu hidangan kami yaitu hidangan dengan citarasa terbaik, mutu dan kualitasnya yang mampu memanjakan lidah anda.kami mampu memberikan/menyediakan hidangan terbaik dengan harga yang terjangkau untuk anda sebagai pelanggan setia kami, komitmen kami memberikan hidangan dengan kaya rasa dengan suasana yang nyaman dan layanan yang terbaik.Terimakasih sudah mengunjungi website kami, kami tunggu kehadiran anda di tempat kami.

Alamat : Jalan Raya Bojongsari, Bojongsari Baru, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, 16516

Kontak : 0812-1919-415 / (0251) 7554588

Jam Operasional : Senin – Minggu pukul 10:00 – 22:00 WIB
Sumber : https://kunjungankuliner.wordpress.com/2011/05/12/pondoklaras/

15.  Dapoer Djoeang

Salah satu testimoni dari pengunjung :

Setelah lamanya dari kunjungan pertama, kayanya banyak banget perubahan yang ada disini. Mulai dari dipasangin tirai disetiap saung, sampe dipasangin kanopi dari ujung saung sampe depan balai utama. Dan lampu-lampunya juga makin banyak dan jadi terang. Tapi kayanya harus ditambah toilet sih, karena 2 KBU aja kurang kalo buat gue.

Terus gue mesen Ayam Panggang Madu, Ikan Nila Panggang Madu, Gurame Goreng Kremes, Bebek Goreng Kremes, Cah Kangkung, Sayur Asem, udang Madu, Lalapan dan sambel. Terus mesen nasinya ada yang nasi biasa, ada juga yang nasi liwet, dan sekarang sambelnya pedes banget, padahal baru nyocol sedikit.

Untuk semua menu utamanya ini makin enak kok, mulai dari Ayam Panggang Madu, sampe ikan & bebeknya juga oke. Siapa-siapa yang mau kumpul-kumpul, disini tuh tempat rekomendasi banget.

Alamat : Jl. Raya Jakarta-Bogor No.KM, Curug, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16416

Telepon : 0811-8144-800

Sumber : https://pergikuliner.com/restaurants/depok/dapoer-djoeang-sukmajaya

 

 

 

 

 

16. Overstars Lobster

Overstar lobster pertanggal 1 september kami membuka kedai di daerah kalimulya depok. Kami mengusung konsep resto saung seperti pedesaan. Menu yang disajikan adalah seafood atau makanan hidangan laut. Selain itu juga kami menyediakan minuman ringan untuk menemani santapan anda.

Alamat : Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413

Telepon : 0852-8889-7655

 

 

 

 

17. Warung Betawi Kumpul 

Memang perlu sedikit kesabaran untuk mencapai restoran tempat orang Betawi berkumpul ini. Semua lelah rasanya terobati saat kami berhasil mencicipi Gabus Pucung gurih serta satu porsi Pecak Ikan Mas yang segar pedas. Penasaran?

Ngidam makanan Betawi gurih dan kaya rempah membuat kami rela menghampiri sebuah rumah makan sederhana bernama Betawi Ngumpul. Terletak di Jl. Raya Tanah Baru, kecamatan Beji, Depok rumah makan ini terlihat sedikit terpencil dengan lapangan luas serta sebuah rumah gaya Betawi kuno di depannya.

Anda akan ‘disapa’ oleh ondel-ondel pria dan wanita dengan baju berwarna yang menambah cerah rumah makan ini walau cahaya matahari mulai redup. Tidak perlu bingung memilih santapan sore ini karena sejak Anda melangkah masuk, sebuah papan bertuliskan Gabus Pucung, Sayur Goreng Asem, Pepes Peda, hingga Gabus Kering mengingatkan apa saja hidangan yang perlu Anda cicipi.

Alamat : Jl. Tanah Baru No.74, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16426

Telepon : (021) 77219310

Sumber : https://food.detik.com/resto-dan-kafe/d-2525037/betawi-ngoempoel-rela-datang-jauh-jauh-demi-sepiring-pecak-ikan-mas

 

 

 

 

18. Mang Engking Depok

Desain rumah ala gubuk desa serta gemercik air kolam-kolam ikan yang terisi oleh ikan-ikan hias, sehingga terasa nyaman dan siap sewaktu-waktu menyambut pengunjung ketika berwisata ke rumah makan di kawasan Universitas Indonesia. Walaupun mengusung konsep gubuk, spot tempat makan disana mengandalkan masakan seafood, hingga sekarang resto di Depok ini sudah memiliki popularitas yang telah terkenal hingga ke luar kota. Menurut kabar beredar, ramainya pengunjung ketika akhir pekan maupun pada musim liburan, maka ada baiknya melakukan reservasi tempat makan terlebih dahulu.

Alamat : Kawasan Kampus Universitas Indonesia, Jalan Danau Salam, Srengseng Sawah, RW 3, Kota Depok, Jawa Barat kode pos 16424

Jam Operasional : Pukul 10:00 – 21:00 WIB

Kontak : 0858-1411-3926.

 

 

 

 

19. Rumah Makan Khasanti

Restoran ini mengusung konsep yang mengingatkan pada rumah zaman Belanda dengan berbagai macam menu sepertinya steak, sop, iga asam manis, es campur, ayam bakar. Keunikan restoran ini bernuansa bangunan tua zaman Belanda dari furniture sampai kendaraan zaman dahulu. Namun banyak juga yang mengira bahwa restoran tersebut rumah sakit dan museum. Terlihat pengunjung dapat berfoto-foto dengan ornamen zaman dahulu.
Alamat : Restaurant Khasanti 16 di Jalan Pemuda No. 16 Pancoran Mas, Kota Depok

Kontak : 021 – 29503553 / 085319996052

Sumber : https://jakarta.tribunnews.com/2018/02/17/yuk-nikmati-kuliner-dengan-nuansa-rumah-belanda

20. Pochajang

Pochajjang lahir karena kuliner Korea sudah akrab di lidah masyarakat dan memberikan pilihan restoran Korean barbeque yang lebih terjangkau dengan rasa lezat!,” ujar Michael Bunyamin, Partner di KULO Group. Pochajjang menawarkan pengalaman kuliner Korean BBQ yang tidak kalah dengan kedai BBQ di negara asalnya Korea

Alamat : Ruko ITC Depok, Jl. Margonda Raya No. 18, Pancoran Mas, Depok

Jam Operasional : Pukul 11:00 – 23:00 WIB

Kontak : 0812 9105 5558

 

 

 

21. Shabu Hachi

Alamat : Jl. Margonda Raya No.2, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Buka – Kamis (10:00 – 22:00)

Kontak : 081263000057 / 081263000058

22. Abuba Steak

ABUBA steak restoran menjadi ajang kumpul bareng teman atau keluarga. ABUBA tidak hanya menyajikan steak sapi saja. ABUBA steak juga mempunyai pilihan steak ayam, ikan dan menu untuk anak-anak. Restoran ABUBA steak unik selain menyajikan steak dengan kentang, ABUBA juga menyediakan nasi putih bagi anda yang ingin menikmati steak dengan nasi putih panas mengepul. ABUBA steak menyajikan menu WAGYU steak dengan daging WAGYU asli. Daging Wagyu yang digunakan  import dari Australia. Menu yang ada di ABUBA steak semakin lengkap dengan minuman yang menyegarkan.

Alamat : Jl. Margonda Raya No 330, Depok 021-2237 3646

Jam Operasional : Senin-Minggu, 11.00-24.00

Sumber : http://www.abuba.co.id/menu/abuba/

 

 

 

 

 

23. Fat Bubble Margonda

Tempat hangout yang santai dan nyaman, menyajikan aneka makanan penutup, grass jelly, es krim, kacang.

Alamat : Jl. Margonda Raya No.238, Kemiri Muka, Beji, Depok City, West Java 16423

Jam buka : pukul 10.00

Telepon : (021) 77218559