Kadisporyata Kota Depok Mengikuti Acara Lebaran Depok

Kamis, 10/06/2021, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok bersinergi dengan kumpulan orang – orang Depok KOOD menggelar acara Lebaran Depok 1442 H tahun 2021 dengan tema ” Nyorog ke Baba Wali “. Dalam lebaran depok biasanya diisi dengan kemeriahan mulai dari ornamen dan dekorasi khas Betawi, Kuliner khas Depok baik berupa kue seperti dodol, wajik,rekambang, geploak, tape uli, maupun dalam masakan seperti Ketupat, semur daging, semur jengkol, sayur cabe, opor ayam dll. Yang tak kalah meriahnya adalah penampilan berbagai macam kesenian khas Kota Depok.

Perhelatan Akbar Lebaran Depok pertama kali di gagas dan diselenggarakan pada tahun 2019 oleh organisasi kemasyarakatan yang konsern dalam pengembangan dan pelestarian budaya depok yaitu KOOD. Ditahun ke 2 penyelenggaran lebaran depok disporyata memberikan dukungan dan fasilitasi dalam bentuk program kegiatan dalam DPA disporyata, termasuk dalam penyelenggaraan lebaran depok ketiga ditahun ini, disporyata memberikan support anggaran meski nilainya sedikit berkurang. Walau dalam suasana pandemic, lebaran depok tetap dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatansecara ketat.

Selain memberikan dukungan dan fasilitasi tersebut, Disporyata akan mengusulkan Lebaran Depok sebagai Warisan Budaya tak Benda (WBTB) baik ditingkat Kota yang nanti akan di SK kan oleh Walikota Depok, dan juga WBTB ditingkat provinsi. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya konkrit Disporyata dalam melestarikan nilai nilai budaya dan kearifan local.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan