Forum Rencana Kerja Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Depok Tahun 2021

Kamis (18/02/2021)  Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok menyelenggarakan Forum Rencana Kerja (RenJa) Perangkat Daerah Kota Depok. yang dilaksanakan di ruang rapat Disporyata lantai 9 Gedung Dibaleka 2 Kota Depok dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. “ Tetap  Berprestasi, Mandiri Dan Berkarakter Di Tengah Pandemi ” merupakan tema yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Pemuda,Olah Raga,Kebudayaan dan Pariwisata Wijayanto,APi.MSi.

Acara forum renja ini dibuka oleh Plh Wali Kota Depok Sri Utomo, di hadiri secara langsung perwakilan peserta terdiri dari Ketua PHRI Kota Depok Fajar Pratikto, Ketua Koni Kota Depok Amry Yusra dan diikuti secara virtual oleh unsur perangkat daerah serta Stakeholder Disporyata lainnya, serta dipandu oleh moderator Agus Suherman.

Dalam paparannya kepala Disporyata Kota Depok membahas  5 isu Dinas tahun 2022 yaitu 1. Tentang kemandirian dan kepimpinan pemuda , 2. Peningkatan prestasi dan memasyarakatan olahraga, 3. Pengembangan pariwisata dan ekononi kreatif, 4. Pelestarian budaya, 5. Pencegahan dan penanggulangan pendemi covid – 19.

Untuk menjawab isu tersebut telah disiapkan 10 strategi  tersebut yaitu 1. Pemberdayaan pemuda, 2. Pengembangan semangat wirausaha, 3. Pemasyarakatan olahraga tradisional dan peningkatan prestasi olahraga, 4. Pemenuhan sarana dan prasarana, 5. Meningkatkan promosi dan wisata, 6. Meningkatkan nilai tambah ekonomi kreatif, 7. Penyediaan Destinasi yang memadai, 8. Penyelenggaraan event budaya, 9. Pemenuhan sarana dan prasarana kebudayaan, 10. Penetapan cagar budaya.

Adapun penjabaran dari strategi tersebut akan dituangkan dalam 11 progam unggulan Disporyata terkait 5 isu diantaranya 1. Progam penunjang urusan pemerintah daerah, 2. Progam pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan, 3. Progam pengembangan kapasitas daya saing olahraga, 4. Progam pengembangan kapasitas kepramukaan, 5.Progam pembangunan kebudayaan, 6. Progam pengembangan kesenian tradisional, 7. Progam pembinaan sejarah, 8. Progam pelestarian dan pengelolaan cagar budaya, 9. Progam peningkatan daya tarik destinasi wisata, 10. Progam pemasaran pariwisata, 11. Progam pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tujuan dilaksanakannya Forum Renja Perangkat Daerah ini adalah memaksimalkan dan menyelaraskan program dan rencana kegiatan perangkat daerah dari usulan Musrenbang di tingkat Kecamatan, serta mempertajam indikator dan menyelaraskan program antar Perangkat Daerah.

Semoga dengan Forum Renja Perangkat Daerah ini lebih menyempurnakan program-program yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok “tutup Kadisporyata Kota Depok.”

 

Tinggalkan Balasan